UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA: 1.TANGAN, Cuci lebih sering 2.SIKU, Untuk menutup mulut saat batuk 3.WAJAH, Jangan disentuh 4.JARAK, Jaga jarak aman 5.RUMAH, Usahakan di rumah saja || Selamat Datang di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang ||

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh



TUGAS DAN LAYANAN SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH (PHU)

2015-01-07 00:00:00

Seksi ini mempunyai tugas melakukan pelayanan dan pembinaan di bidang penyuluhan haji dan umroh, bimbingan jamaah dan petugas, dokumen dan perjalanan haji, perbekalan dan akomodasi haji, serta pembinaan kbih dan pasca haji. Berkaitan dengan tugas tersebut seksi PHU menjadi Leading Sector dalam mengemban salah satu misi Kantor Kementerian Agama Kab. Batang yaitu meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji bagi masyarakat Kabupaten Batang.

Pada tahun 2013 M/1434 H jumlah jama'ah haji dari kabupaten sebanyak 481 orang. Meningkatnya  animo masyarakat Kabupaten Batang untuk melaksanakan ibadah haji makin memacu seksi PHU untuk terus memperbaiki layanan. Pelayanan bagi para calon jamaah haji diberikan dalam satu ruang khusus yang representatif. Ke depan ruang layanan ini akan diperluas dan dipercantik sehingga makin memberikan kenyamanan bagi para calon jama'ah haji.

Selain tempat  pelayanan juaga ditingkatkan. cukup dengan membawa Copy masing-masing KTP (13 Lembar), KK (1 lembar)/Jika tidak memiliki dokumen tersebut dapat diganti dengan surat keterangan Camat dan Asli Surat keterangan sehat dari Puskesmas setempat. Untuk pengambilan foto dll dilakukan oleh staff seksi ini. Pelayananpun dilakukan sejak 07.30 s/d 16.00 setiap harinya. Bimbingan masanik bagi calon jam'ah haji dilakukan disetiap kecamatan, bersinergi dengan KUA Kecamatan. Untuk pembinaan KBIH, Seksi PHU secara aktif melakukan bimbingan dan pendampingan untuk akreditasi KBIH oleh Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng.

Mengingat permasalahan haji selalu menjadi pusat perhatian dari berbagai pemangku kepentingan (stake holderes) seksi PHU juga secara aktif memberitahukan kepada kyalayak hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan haji lewat media cetak daerah.

 

Pelayanan :