UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA: 1.TANGAN, Cuci lebih sering 2.SIKU, Untuk menutup mulut saat batuk 3.WAJAH, Jangan disentuh 4.JARAK, Jaga jarak aman 5.RUMAH, Usahakan di rumah saja || Selamat Datang di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang ||

Seksi Bimbingan Masyarakat Islam


TUGAS DAN LAYANAN SEKSI BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM (BIMAS ISLAM)

2015-01-07 00:00:00

Seksi Bimas Islam mempunyai tugas melakukan pelayanan dan bimbingan di bidang penghuluan, keluarga sakinah, pangan halal, ibadah sosial serta kemitraan umat islam. Pelayanan dan bimbingan itu dilakukan secara sinergis dengan 15 (lima belas) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang berada dibawah koordinasinya. Menjadi Leading Sector dalan operasionalisasi misi meningkatkan kualitas kehidupan beragama pada masyarakat Kabupaten Batang, seksi ini berupaya melakukan berbagai terobosan. 

Cakupan bimbingan dan layanan Seksi Bimas makin meluas. Tahun ini seksi melakukan berbagai kegiatan dengan target peserta cukup beragam, mulai dari siswa sekolah menengah dan madrasah, pelaku usaha hotel, restoran maupun warung makan, para penyuluh agama, instansi pemerintah dll. Tema dan materi bimbingan pun bervariasi, misalnya peningkatan pemahaman berkaitan dengan arah kiblat tidak hanya dilakukan dengan memaparkan aspek teori saja. Disamping bimbingan cara menentukan arah kiblat yang diadakan juga diberikan alat praktis serta latihan cara penggunaannya dengan benar. Tema tentang kaitan islam dan kewirausahaan sekses untuk memotivasi peserta, tema maupun kegiatan rutin pun diberikan semisal pelatihan pemulasaraan jenazah, keluarga sakinah, penyelenggaraan hisab-rukyat menjelang hari raya dll.

Pembinaan terhadap KUA kecamatan di tahun ini ditekankan pada masalah administrasi. Hal ini dilakukan dengan pelatihan bagi pegawai dari tiap KUA maupun dengan pengawasan rutin tiap triwulan. Selain itu guna menghindari penggunaan buku nikah  lama oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dilakukan pembakaran seluruh buku nikah lama tersebut.