Di Tengah Pandemi Ma Darussalam Subah Tetap Gelar Matsama Secara Virtual

Batang – Seiring dengan mulainya tahun pelajaran  2021-2022 bagi peserta didik baru MA Darussalam Subah tentu akan menjalani pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Kegiatan ini merupakan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru yang meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, system pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah.Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari mulai Senin-Selasa (12-13/07) yang diikuti oleh 80 siswa-siswi baru, dipandu oleh beberapa guru sebagai penyelenggara sekaligus panitia PPDB.

Kepala MA Darussalam Subah A.Tohir dalam sambutan pembukaanya mengatakan bahwa pihaknya memberi apresiasi pada panitia dan seluruh siswa yang telah mengikuti kegiatab ini,

“ Masa pandemi ini jangan dijadikan halangan untuk memulai kegiatan madrasah, maka kami sampikan apresiasi baik pada panitia dan seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ini,” kata A.Tohir.

Seanjutnya dia memberikan materi secara kusus pada kegiatan itu, materi yang disampaikannya kali ini adalah sejarah dan visi misi madrasah

Waka Kesiswaan MA Darussalam Eka Sri Indrasasti, menuturkan bahwa Matsama yang tahun ajaran 2021-2022 ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia, sehingga pola pelaksanaannya harus mengalami beberapa penyesuaian dengan standar protocol kesehatan di Madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu secara daring melalui Google Meet.

“Matsama dilaksanakan selama dua hari, dengan materi karakter moderasi beragama dan kebangsaan meliputi ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah, ukhuwah wathoniyah, bernalar kritis dan berjiwa kompetitif yang diisi oleh 5 pemateri dari guru yang berkompeten di bidangnya,” kata Eka Sri Indrasati.

Ketua PPDB sekaligus sebagai ketua panitia Matsama, Eko Nur Aziz, dalam keteranganya mengatakan bahwa hari pertama pelaksaaan pembekalan Matsama berjalan dengan lancer meski ada kendala pada peserta karena terbatasnya sinyal maupun kuota.

“ Hari pertama Matsama berjalan dengan baik meskipun ada beberapa siswa terkendala karena sinyal maupun kuota,” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini dibimbing  oleh Guru dan panitia Matsama yang bertugas dengan baik, semua peserta Matsama mengikuti kegiatan daring sesuai jadwal.

Sedangkan Waka Kurikulum MA Darussalam Muflikhatin, dalam penyampaian materi juga berharap agar kegiatan yang menjadi awal dari rangkaian KBM tahun ini akan menjadi pembuka keberhasilan proses pembelajaran di madrasah kedepan.

“ Semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi  langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta ini bagi seluruh peserta didik baru di MA Darussalam Subah,” pungkasnya . (Tohir/Zy)

 

Bagikan :
Translate »
Scroll to Top