UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA: 1.TANGAN, Cuci lebih sering 2.SIKU, Untuk menutup mulut saat batuk 3.WAJAH, Jangan disentuh 4.JARAK, Jaga jarak aman 5.RUMAH, Usahakan di rumah saja || Selamat Datang di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang ||

Untuk Pertama kali MTs Negeri Batang Terima Mahasiswa PPL IAIN Pekalongan

2021-08-12 21:18:14

Batang - MTs Negeri Batang menggelar kegiatan serah terima mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Pekalongan pada Kamis (12/8). Dalam kegiatan tersebut, sepuluh mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan diserahterimakan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  kepada Kepala MTsN Batang.

Kepala MTsN Batang, Fathuddin, dalam sambutanya mengatakan bahwa ini adalah kali pertama bagi MTsN Batang untuk menjalin kerja sama dengan IAIN Pekalongan dengan menerima mahasiswa PPL. Ia menyambut baik kerja sama tersebut dan berharap ini menjadi awal yang baik bagi hubungan kedua lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama tersebut.

“ Terimakasih atas kepercayaannya untuk membantu adik-adik mahasiswa dalam praktik PPL, khususnya untuk angkatan tahun ini. Kami dari MTsN Batang akan siap untuk melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang bagus dan bisa dilanjutkan untuk tahun-tahun ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut Fathuddin mengungkapkan bahwa selama 45 hari ke depan, 10 mahasiswa PPL IAIN Pekalongan akan dibimbing oleh guru pamong dalam melaksanakan praktik mengajar. Karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka praktik mengajar akan dilaksanakan secara daring.

“ Mohon maaf kita belum bisa bertemu dengan anak secara langsung untuk melaksanakan pembelajaran, karena masih pandemi, jadi kita Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tapi insyaallah tidak mengurangi kekhidmatan PPL itu sendiri. Barangkali adik-adik mahasiswa punya teori baru yang bisa kita kolaborasikan di lapangan, terutama untuk pembelajaran daring ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Abdul Mukhlis Mengucapkan terima kasih karena MTsN Batang telah menerima mahasiswa PPL dengan baik. Disebutkan bahwa MTsN Batang merupakan salah satu madrasah yang dijadikan mitra dalam penerjunan mahasiswa PPL tahun ini.

“Saya mewakili IAIN Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada keluarga MTsN Batang karena telah memberikan izin dan kesempatan untuk belajar dan mempraktikkan segala hal yang sudah didapatkan di bangku perkuliahan tiga tahun belakangan ini,” ucapnya.

Abdul Mukhlis juga menyebutkan bahwa landasan filosofis kegiatan PPL adalah untuk memberikan bekal ilmu pedagogik kepada mahasiswa calon guru di masa depan. Ia memohon kepada bapak dan ibu guru MTsN Batang untuk bisa membimbing mahasiswa PPL berkaitan dengan pengembangan kompetensi pendidik.

“ Mohon izin kepada Bapak Kepala MTsN Batang dan bapak ibu guru untuk menyerahkan dan menitipkan sementara waktu. Kami mohon bimbingannya bagi mahasiswa kami yang menjadi calon guru di masa mendatang,” tandasnya. (run/Zy)