UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA: 1.TANGAN, Cuci lebih sering 2.SIKU, Untuk menutup mulut saat batuk 3.WAJAH, Jangan disentuh 4.JARAK, Jaga jarak aman 5.RUMAH, Usahakan di rumah saja || Selamat Datang di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang ||

Tarwih Ukhuwah putaran ke-11 Bupati Batang Di Masjid Al Huda Pucanggading Bandar

2021-05-01 22:31:12

Batang _Kegiatan rutin yang dilaksanakan Bupati Batang Wihaji bersama rombongan Forkopimda setiap bulan Ramadan, adalah menjalankan sholat Tarawih Ukhuwah atau Tarawih Keliling di desa-desa yang terdapat di 15 Kecamatan se-Kabupaten Batang. Dalam tarawih ukhuwah putaran ke 11 kali  ini dilaksanakan di Masjid Al Huda RT 03 RW 04 Desa Pucanggading Kecamatan Bandar Kab. Batang pada hari Jumat (30/04) yang lalu . Dari pihak kecamatan Bandar ikut hadir unsur-unsur Muspika, Ketua MUI, Kepala KUA serta Penyuluh Agama Islam Kec. Bandar.

Kegiatan ini diawali buka bersama di rumah Kepala Desa Pucanggading, dilanjutkan sholat tarawih berjamaah.

Bupati Batang H. Wihaji dalam sambutannya menyampaikan tentang  kondisi perkembangan covid-19 sampai saat ini dan menghimbau kepada  masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Ramadhan Tahun ini.

“ Karena Covid-19 belum selesai, maka saya mengajak pada masyarakat untuk tetap dengan sigap dan disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, ini adalah upaya paling nyata dalam mencegah penularan covid-19 ini,” kata H. Wihaji.

Pada kesempatan itu seperti putaran-putaran yang lain, di Bandar ini Bupati menyerahkan bantuan hibah kepada Masjid Al Huda Desa Pucanggading serta tiga Pondok Pesantren yaitu Ponpes Al Haidar Wonokerto, Ponpes Wali Bonjor Tumbrep dan ponpes Darul Hikmah Wonomerto total senilai 330 juta.

Selain itu Bupati juga menyerahkan bantuan zakat infaq ASN Pemkab yang dihimpun melalui UPZ , berupa bantuan kemakmuran masjid, santunan yatim piatu, santunan penyandang disabilitas, santunan lansia tidak mampu, dan bantuan modal usaha pedagang kecil

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah H.Munif memberikan bantuan berupa Mushaf Alquran dan alat Sholat untuk Takmir Masjid Al Huda Pucanggading, dia berpesan bahwa kegiatan Tarawih Ukhuwah ini juga merupakan ajang untuk menyampaikan pentingnya penerapan Prokes 5 M pada masyarakat dalam segala aktifitas keagamaan.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Bandar H. Sawaluyo, menanggapi positif arahan dari Bupati Batang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“ Hari ini adalah tahun kedua kita menjalani Ibadah puasa ramadhan pada masa pandemi covid 19, kami mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas," ungkap H. Sawaluyo . ( Arif /Zy ) .