UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA: 1.TANGAN, Cuci lebih sering 2.SIKU, Untuk menutup mulut saat batuk 3.WAJAH, Jangan disentuh 4.JARAK, Jaga jarak aman 5.RUMAH, Usahakan di rumah saja || Selamat Datang di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang ||

Siapkan Siswa Mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) MTs Nurul Huda Banyuputih Gelar Truout

2021-08-18 19:51:41

Batang– Dalam rangka mempersiapkan siswa mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021, MTs Nurul Huda Banyuputih menyelenggarakan Tryout Asesmen Kompetensi Minimum. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (10/08) yang lalu. Tryout AKM ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 217 siswa , 15 siswa diantaraya berada di pondok pesantren.

Sebanyak 10 ruangan disiapkan untuk kegiatan ini setiap ruangan ditempati sejumlah 22 anak Khusus untuk anak yang di pondok pesantren karena tidak diperbolehkan membawa HP maka Madrasah menyediakan 1 ruang lab computer dan disiapkan jaringan wifi di masing-masing ruang, sehingga siswa bisa mengikuti tryout AKM walau tidak memiliki kuota.

Kepala MTs Nurul Huda Banyuputih, Khoirin, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada tim pelaksana AKM di madrasah yang telah mengawal jalannya tryout AKM dengan lancar hingga selesai.

“ Terimakasih kepada penanggung jawab AKM, dan seluruh guru yang bertugas telah bekerjasama dalam mengawal dan mendampingi siswa selama pelakasanaan tryout AKM, semoga menghasilkan prestasi yang sesuai dengan harapan,” kata Khoirin.

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiyar lahir agar para siswa memiliki kemampuan dalam menghadapi soal dan menggunakan media HP ataupun computer.

“ Ini merupakan alah satu bentuk ikhtiyar kita agar para siswa memiliki kemampuan menyelesaikan soal-soal serta menggunakan media HP ataupun computer, artinya mereka akan sudah siap lebih dulu sebelum pelaksanaan yang sesungguhnya,” jelasnya.

Sementara itu penanggung jawab kegiatan tryout AKM Saiful Mujib dalam keteranganya mengatakan bahwa diharapkan dengan adanya tryout yang pertama ini, siswa punya gambaran untuk kegiatan AKM yang sesungguhnya, walau hasil masih belum maksimal, tetapi ini bisa menjadi dasar Bapak Ibu guru melakukan evaluasi dan bimbingan kepada siswa dengan harapan tryout selanjutnya bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi.

“ Selama pelaksanaan tryout AKM  kegiatan relatif berjalan dengan lancar,namun karena ini adalah tryout yang pertama tentu nilainya belum maksimal,” kata Saiful Mujib

Dia juga menjelaskan setiap siswa diberi  waktu 2 jam untuk menyeselasikan semua soal. Kegiatan dimulai dengan berdoa bersama di ruang masing-masing dengan dipandu seorang pengawas, kemudian pengawas membagikan kartu yang berisi username dan password yang nantinya digunakan siswa untuk login. Setelah login menggunakan username dan password masing-masing siswa bisa mulai mengerjakan soal-soal AKM.

“ Kategori soal yang dikerjakan siswa meliputi soal literasi, numerasi, sains serta scolastik, Kegiatan tryout AKM ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam kesiapan mengikuti AKM,” jelasnya.( Ulfi Dwi Khasanah / Zy )